Senin, 20 Juni 2022

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM Bertumbuh Saat Pandemi

PT.  BPR Mitra Parahyangan
BPR Mitra Parahyangan
Kredit: dokpri

Pandemi kemarin benar-benar melulu-lantakan perekonomian. Tidak hanya pedagang kecil, bahkan pengusaha besar pun banyak yang terjengkang. 

Saya sebagai salah seorang pelaku UMKM pun, merasakan imbasnya. Selama ini kami berjualan dimsum secara offline dengan gerobak yang mangkal di depan rumah mertua. 

Sebenarnya dimsum kami sudah mulai ada pelanggannya, tapi pandemi membuat bisnis yang baru ini kembali tersungkur. Setelah pandemi mulai berlalu, kami berniat untuk memulai kembali. Apa daya modal sudah habis terpakai untuk biaya hidup, selama kami tidak jualan. Bingung dunk, mau gimana? Sepertinya kami butuh pendampingan usaha UMKM

BPR Mitra Parahyangan Mendampingi UMKM
Kredit Pelaku UMKM 
: dokpri

UKM dan Pengelolaan Keuangannya

Keuangan para UMKM ini banyak yang bocor. Kebanyakan mereka belum memahami cara mengelola bisnis keuangan. Oleh karena itu, banyak UMKM yang akhirnya mengalami kesulitan modal usaha. Mereka sangat membutuhkan pendampingan usaha UMKM agar bisa membangun kembali bisnisnya. 

Kebiasaan para UMKM ini ketika mendapat sedikit keuntungan, langsung meningkatkan taraf hidup, dan mulai mengubah gaya hidup -nya. Akhirnya mereka kekurangan modal dan mengajukan kredit pada bank-bank penyedia jasa. Ada yang melalui bank umum, ada juga yang melalui Bank Perkreditan Rakyat

BPR merupakan solusi praktis pinjaman UMKM yang sedang membutuhkan tambahan modal. Bik Sumi yang jualan jadi uduk di depan gang pun, bisa mengajukan pinjaman dengan mudah. 

Bank Perkreditan Rakyat menjadi pilihan masyarakat karena ada di setiap kabupaten/kota, persyaratan pengajuan kredit relatif mudah, dan bunganya cenderung ringan. 


Pengertian Bank Perkreditan Rakyat 

Berdasarkan UU No. 10/1998, disebutkan bahwa Bank Perkreditan Rakyat adalah bank yang melakukan kegiatan secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah, yang memiliki ruang lingkup lebih kecil dari bank umum.  

Setiap daerah memiliki BPR masing-masing. Bank Perkreditan Rakyat  hanya bisa melayani nasabah dari wilayah tempat BPR berada. Jadi, tidak melayani lintas wilayah. 

Tujuan Bank Perkreditan Rakyat adalah 

1. Untuk memenuhi kebutuhan jasa keuangan masyarakat pedesaan. 

2. Menunjang pertumbuhan ekonomi pedesaan, sehingga petani, nelayan dan masyarakat kecil terhindar dari lintah darat. 

3. Melayani kebutuhan modal masyrakat dengan prosedur pemberian kredit yang mudah dan sederhana. 

4. Membantu masyarakat menabung dengan menyediakan tempat yang dekat dan mudah dijangkau. Tabungan merupakan salah satu produk Bank Perkreditan Rakyat yang harus di disosialisasikan lagi ke masyarakat. Tujuannya agar masyarakat menyisihkan labanya untuk ditabung. 

Tugas Bank Perkreditan Rakyat adalah menerima dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito berjangka, memberikan kredit, menyediakan pembiayaan bagi nasabah. 

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM
Logo BPR MP
Kredit: dokpri


BPR Mitra Parahyangan

BPR merupakan salah satu cara cepat dapat pinjaman usaha bagi pelaku UMKM. Prosedurnya yang mudah,  syarat yang bisa dipenuhi, serta bunga yang ringan menjadi pilihan masyarakat yang ingin mengajukan kredit usaha. 

Salah satunya adalah PT. BPR Mitra Parahyangan yang bertempat di Bandung. BPR ini mempunya visi ingin menjadi BPR paling bagus dan kuat di Bandung. Mereka juga mempunyai misi untuk mensejahterakan para stakeholder. 

Sebagai sebuah Bank Perkreditan Rakyat, BPR Mitra Parahyangan tidak hanya menggelontorkan modalnya, tapi juga mengajak UMKM melek keuangan. Ketika nasabah mengajukan pinjaman, mereka akan dicek dan ditelaah dulu. 

Pinjamannya mau dipakai buat apa? Apakah untuk membeli alat produksi? Atau hanya untuk keperluan pribadi. Oleh karena itu, BPR MP memberikan pendampingan usaha UMKM bagi nasabahnya. 

BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM agar tetap solid menjalankan bisnisnya. Di beberapa kasus, banyak terjadi para UMKM mengajukan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif. Sehingga yang terjadi para UMKM ini kehabisan modal usaha. 

Pengecualian pada masa pandemi yang lalu, tentunya. Pengajuan pinjaman ini juga merupakan produk Bank Perkreditan Rakyat yang paling banyak diminati masyarakat. 

Toni Muliadi selalu direktur utama PT. BPR Mitra Parahyangan Bandung, mengatakan bahwa pihaknya memberikan pendampingan bisnis bagi para pelaku UMKM ini. Hingga saat ini mereka sudah melayani sebanyak 18 ribu nasabah. 

Penutup

PT. BPR Mitra Parahyangan atau BPR MP, memiliki makna sebagai berikut: 

Bank terpercaya solusi kuanganmu

P asti selalu menjadi solusi

R ela mengawasi dan mendampingi nasabah

M engerti kebutuhan para mitranya

P programnya terbukti menjadi solusinya masyarakat. 

Dengan penuh komitmen, BPR Mitra Parahyangan bantu UMKM agar terus bertumbuh walau sempat terdampak pandemi. Sebagaimana Bik Sumi yang kembali bersemangat membangun bisnisnya, saya pun kembali bersemangat untuk memulai kembali. 


Jika tambahan modal sudah ditangan, hendaknya masyarakat dan juga saya, memanfaatkannya dengan bijaksana. Dengan memanfaatkan berbagai produk Bank Perkreditan Rakyat, diharapkan kami bisa  membangun dan membesarkan bisnis UMKM yang kami geluti. 

Terima kasih, BPR 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPR Mitra Parahyangan Bantu UMKM Bertumbuh Saat Pandemi

BPR Mitra Parahyangan Kredit: dokpri Pandemi kemarin benar-benar melulu-lantakan perekonomian. Tidak hanya pedagang kecil, bahkan pengusaha ...