Rabu, 29 Juli 2020

Manajemen Perusahaan Lebih Simpel dengan Sofware Payroll

Sejak pandemi Corona yang disebabkan oleh virus COVID-19 melanda seluruh dunia, dampaknya terlihat di berbagai bidang. Mulai dari bidang pendidikan, sosial budaya, dan ekonomi. Salah satu penyebabnya adalah karena kebijakan pemerintah untuk melakukan social distancing atau pembatasan kegiatan sosial. Pembatasan kegiatan fisik dàn sosial secara besar-besaran pun dilakukan di berbagai kota, untuk memutus rantai penyebaran virus. 

Proses Perhitungan Gaji Karyawàn
Credit: pexels.com

Hampir empat bulan berlalu sejak kasus pertama ditemukan awal Maret di Depok, kondisi perekonomian Indonesia berada pada titik memprihatikan. Ribuan perusahaan melakukan berbagai manuver demi menyelamatkan perusahaan. Mulai dari pembagian shift kerja yang lebih sedikit, pembatasan jam operasional atau jam kerja, pembatasan jumlah produksi, hingga di titik paling akhir adalah melakukan pengurangan karyawan. 

Dengan situasi yang tidàk biasa ini, akan sàngat memusingkan jika administrasi karyawan masih menggunakan sistem manual. Betapa sibuk staf HRD perusahaan saat menghitung gaji karyawan berdasarkan gaji pokok, uang tunjangan, uang lembur, ataupun uang bonus. Seperti saat pàndemi seperti sekarang, ada perusahaan yang menetapkan jam kerja bergantian pada karyawannya. Seminggu masuk, dan seminggu kemudian libur. Bisa dibayangkan kerepotan menghitung gaji mereka berdasarkan absensi kehadiran. Apalagi jika karyawan perusahaan yang diurus mencapai ratusan atau ribuan orang. 

Sebenarnya sudah banyak perusahaan yang menggunakan absensi sidik jari. Akan tetapi, absensi sidik jari dirasa kurang efektif. Ini karena absensi sidik jari hanya dapat memverifikasi kehadiran, tidak dapat mengolah data dan informasi lainnya. Sehingga staf HRD sulit memantau dan mengontrol aktivitas karyawan. Seperti penjadwalan, pembagian shifting, dan juga hal administratif lainnya. Akhirnya dipilih solusi praktis yang dapat digunakan yaitu dengan menggunaan sofware absensi

  
Akan tetapi, sofware absensi diharapkan memiliki konektivitas dengan perhitungan gaji. Ini untuk memudahkan pekerjaan staf HDR, saat menghitung dan membayar gaji karyawan. Sebuah perusahaan yang sedang berkembang, sebaiknya menggunakan payroll sebagai sofware absensi.

Memasuki era industri 4.0 hampir semua bidang mengalami perubahan, dari konvensional menjadi digital. Perusahaan-perusahaan mulai berbenah diri. Membenahi sistem mereka, agar kinerja perusahaan menjadi maksimal. Salah satu yang mereka lakukan adalah dengan menggunakan sofware payroll

Apa sih Payroll
Payroll adalah sistem administrasi untuk proses perhitungan gaji karyawan. Dengan menggunakan sofware payroll, sistem penggajian ini berlangsung lebih mudah, sehingga pekerjaan staf HRD menjadi lebih ringan. 

Payroll merupakan sistem administrasi penggajian perusahaan untuk karyawan atau pegawai secara lebih mudah. Sistem payroll memudahkan pekerjaan rutin staf HRD setiap bulannya dalam menghitung gaji yang harus dibayarkan dan dihitung berdasarkan gaji pokok, tunjangan transport, uang makan, dan uang lembur. 


Kelebihan Sistem Payroll
Apa saja kelebihan yang dimiliki sofware payroll, sehingga perusahaan disarankan untuk menggunakannya? Di antaranya adalah sebagai berikut:

Terintegrasi dengan Absensi
Oleh karena sistem payroll berbasis aplikasi, maka staf HRD lebih mudah melihat kinerja karyawan dalam satu bulan. Sofware payroll yang terintegrasi dengan absensi, membuat perhitungan gaji menjadi lebih mudah. Karyawan yang tidak masuk kerja, akan tercatat dalam sistem yang sekaligus melakukan perhitungan terhadap gajinya. Termasuk jika ada tunjangan lain, bonus, uang makan, dan upah lainnya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan sofware payroll, perusahaan harus terlebih dahulu memasukkan besaran gaji pokok, uang lembur, dan hal lainnya yang memudahkan dalam proses penghitungan gaji karyawan. 

Hemat Waktu dan Tenaga
Penggunakan sofware payroll ini juga bisa membuat perusahaan melakukan penghematan tenaga kerja. Jika perhitungan gaji secara manual membutuhkan lebih banyak karyawan HRD, maka dengan menggunakan sofware payroll, staf HRD cukup 1-3 orang saja. Secara waktu pengerjaan juga akan lebih hemat, sehingga perusahaan tidak perlu membayar upah lembur bagi staf HRD jika menjelang hari gajian. 

Dengan adanya sofware payroll, diharapkan akan memudahkan pekerjaan stàf HRD perusahaan, sehingga kinerjanya bisa lebih maksimal lagi. Bagi perusahaan pun, penggunaan aplikasi payroll merupakan bentuk kemajuan teknologi informasi yang bisa memangkas waktu dan tenaga. Semoga makin banyak perusahaan yang menggunakan sofware payroll. 

27 komentar:

  1. Menggunakan software payroll sangat membantu dalam bekerja, selain hemat waktu softwaremya juga simpel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Kak. Insyaallah sangat memudahkan kerja HRD.

      Hapus
  2. langsung saya kirim tulisan mbak ke HRD saya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa, cuss, Mbak. Biar beliau langsung eksekusi, ya

      Hapus
  3. Jadi inget dulu, saat mendekati penggajian karyawan, ngitungnya manual. Dengan software payroll jadi lebih mudah, efektif dan hasil maksimal ya

    BalasHapus
  4. Aku jadi teringat mba, dulu pas kerja di radio pas pula menggantikan bagian admin yang cuti melahirkan. Hasilnya?
    Cuma menghitung gaji penyiar dan pegawai yang gak sampe 20 orang saja aku harus super teliti.
    Hihihi
    Seandainya payroll ini udah ada sejak dulu..

    BalasHapus
  5. Bener banget ni bun, pake software lebih efektif dan efisien yaah. Kalau dikerjain manual takes time banget.

    BalasHapus
  6. Dengan menggunakan sofware payroll emang kerjaan jadi makin gampang. Plus biasanya lebih akurat juga. kalau manual lebih mudah di'main'in.

    BalasHapus
  7. Satu sisi aplikasi n software efisien bagi perusahaan, tp karyaean ada yg terancam juga. Yg dikerjakam 5 orang, dgn sofware bisa jd 2 orang hehe.
    Tp teknologi ga biaa di hindari, emang dah masanya. Tq info payroll nyaa yaa

    BalasHapus
  8. Semua mua sekarang bisa pakai aplikasi ya..

    BalasHapus
  9. Wew. Kayaknya ni suamiku butuh bangett. Tiap akhir bulan dia selalu lemburan ittung gaji karyawan. Thanks kak infonyaaaaaaa

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah ditempat sy kerja dulu uda pake sistem payroll, jadi sangat memudahkan kerja HRD banget. Apalagi ada 3 shift kerja.

    BalasHapus
  11. Pas saya dulu masih kerja di pabrik, belum ada teknologi dan aplikasi begini. Temen HRD selalu ngeluh ngitung gaji karyawan dan gajiannya manual pula. Teknologi memang digunakan untuk memudahkan manusia ya mbak.

    BalasHapus
  12. Jaman digital gini, memang perusahaan juga harus memanfaatkan teknologi digital juga, termasuk dalam hal pencatatan untuk pembayaran gaji karyawan

    BalasHapus
  13. software payroll ini membantu banget ya kak jadi kegiatan kry.terekam jelas jejak digitalnya dan bermanfaat untuk memperlancar pembayaran

    BalasHapus
  14. wah dengan Software payroll penghitungan jadi serba mudah ya kak. memudahkan banget nih buat penghitungan gaji karyawan

    BalasHapus
  15. wah aku baru tau malah payroll ini kak. pasti membantu banget untuk memperlancara pembayaran ya di perusahaan

    BalasHapus
  16. benar sekali manajemen perusahaan lebih simple menggunakan software payroll, dari pada manual bisa-bisa gajiannya telat, kalau ini kan ga ada yang salah hitung dan salah masuk rekening.

    BalasHapus
  17. Dulu waktu ikut kerja di perusahaan emang pake payroll sih. Sekarang udah manual modelnya hahaha. Menurutku adanya software gini termasuk menguntungkan karyawan yang digaji juga

    BalasHapus
  18. Gak kebayang gimana ribetnya kerjaan staf HRD jika harus menghitung gaji ratusan pegawai tiap bulan.

    BalasHapus
  19. Nah iya nih dg sistem payroll, gaji terintegrasi dengan presensi ya Mba Enni... jd kl mau tunjangan uang makan misalnya, akan kelihatan total hari absen yang harus dikurangi hehe... Nice share

    BalasHapus
  20. jadi dengan aplikasi ini gaji juga bisa langsung ditransfer ke rekening masing2 pegawai ya... jadi memudahkan.

    BalasHapus
  21. Memang untuk urusan administrasi semacam ini, lebih bagus oake sistem yang otomatis terintegrasi. Kerjaan jadi efektif dan efisien.

    BalasHapus
  22. Betul, dulu ngalamin jadi HRD dan sistemnya masih manual ribet juga. dengan sistem payroll pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien

    BalasHapus
  23. Aplikasi payrol... hmmm semakin memudahkan saja pastinya.. ga ribet dengan urusan perhitungan pajak dan teman temannya... apalagi kalau sudah terintegrasi dengan mesin absensinya..

    BalasHapus

Review: Lister.co.id Sebagai Solusi Meningkatkan Skor IELTS Anda

Sewaktu masih kuliah dulu, saya bercita-cita ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, atau sekalian bekerja dan tinggal di luar negeri. Mung...