Minggu, 12 Januari 2020

Liputan Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung 2020

What do you about "wisuda"? 

Sebuah kata keramat yang sangat akrab di kalangan mahasiswa dan mahasiswi. Bisa jadi, wisuda merupakan hal yang paling ditunggu oleh mereka. Setelah bersusah payah mengikuti semua mata kuliah, mengerjakan tugas-tugas, dan menyelesaikan skripsi, hal berikutnya yang dinanti adalah prosesi wisuda. 

Duapuluh tahun yang lalu, saya beruntung bisa merasakan kegembiraan wisuda. Membawa orang tua menginjak kampus tempat kuliah selama ini, dan ikut dalam kekhusyuan acara wisuda

Perasaan haru, bahagia, dan bangga bercampur menjadi satu. Bangga karena sebagai anak kampung, saya telah berhasil menyelesaikan kuliah. Bahagia melihat senyum orang tua yang bangga telah mengantarkan anaknya menjadi seorang sarjana.

Venue acara
Sumber: Pasukan Blogger Joeragan Artikel


Begitupun yang dirasakan adik-adik STT Bandung kemarin. Salah satu kampus terkemuka di Bandung ini berhasil meluluskan ratusan mahasiswanya awal tahun ini. Saya berkesempatan  melakukan liputan secara online wisuda ini, bisa merasakan aura bahagia wisudawan dari tayangan live di IG @sttbandung. Sebanyak 209 wisudawan Sekolah Tinggi Teknologi Bandung mengikuti acar wisuda Sabtu, 11 Januari 2020. 

Mereka terdiri dari beberapa prodi, yaitu:
- Teknik Industri, sebanyak 113 orang
- Teknik Informatika, sebanyak 70 orang
- Desain Komunikasi Visual, sebanyak 26 orang

Venue acara
Sumber: Pasukan Blogger Joeragan Artikel 

Bertempat di Hotel Harris & Conventions, Festival City Link Bandung, prosesi wisuda dilakukan. Acara dimulai setelah anggota senat, VVIP, dàn keyonte speaker memasuki ruangan. Dengan regu penari sebagai pendampingnya, prosesi memasuki ruangan cukup menggetarkan. 

VVIP dan keynote spekaer memasuki ruangan
Sumber: Live IG @sttbandung

Kemudian dilanjutkan dengan tarian selamat datang yang dibawakan oleh unit seni tari STT Bandung. Selanjutnya pembukaan sidang senat terbuka oleh ketua STT Bandung. Lagu kebangsaan Indonesia Raya dialunkan setelah itu, lalu mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan alunan lagu Mars STT Bandung. Perasaan bergetar dalam jiwa muncul ketika mendengar alunan yang penuh semangat tersebut. Unit paduan suara STT Bandung terbukti melakukan tugasnya dengan baik saat itu.

Tari Jaipong oleh Unit Tari STTB
Sumber: live IG @sttbandung

Acara dilanjutkan dengan laporan dari Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S.Kom, M.T. yang dilanjutkan dengan sambutan dari ketua yayasan Dr. Dadang Hermawan.

Sambutan ketua STTB
Sumber: live IG @sttbandung


Acara wisuda STT Bandung kali ini menampilkan keynote speaker Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A. Penerus dari bapak B.J. Habibe ini menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul "Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0". 
Keynote speaker: Ilham Habibie
Sumber: Pasukan Blogger JA

Ilham yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional menyampaikan bahwa Indonesia merupakan bagian dari ekonomi global, yang akan menyongsong era teknologi 4.0 yang berbasis pada ekonomi digital, artificial intelegence, big data dan robotics. Merupakan tantangan bagi anak muda Indonesia untuk mengembangkan berbagai inovasi agar bisa stand out di era insdustri 4.0 ini. Ilham Habibie juga mengatakan bahwa karakter yang harus dimiliki para inovator di era 4.0 di antaranya adalah sebagai berikut, yaitu: 
- Opportunity mindset
- Formal Education / Training
- Proactivy
- Prudence
- Social Capital

Acara utama akhirnya tiba, yaitu pelantikan wisudawan dan wisudawati. Satu persatu mereka maju ke depan, dilantik, dan sah menyandang gelar sarjana. Raut-raut wajah bahagia terpancar dari mereka. 

Oh ya, bicara soal inovasi, adik-adik STT Bandung ini sangat mengagumkan. Terbukti dengan berbagai pencapaian mereka berikut ini, yang diumumkan setelah pelantikan, yaitu:

Skripsi terbaik dari prodi TI :
1. Virgiawan Candra Bhakti, S.T
Judul skripsi : Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed Dengan Pendekatan Karakuri
2. Indra Rukmana, S.T
Judul skripsi : Optimasi Produksi Dyeing Finishing dengan Metode Integer Linear Progamming
3. Zaenal Uyun, S.T
Judul skripsi: Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering

Skripsi Terbaik dari prodi TIF:
1. Deri Hermawan, S.KOM
Judul skripsi: Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android
2. Regina Sukma Citra, S.KOM
Judul skripsi: Klasifikasi Ujaran Kebencian Dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web
3. Yasti Aisyah Primianjani, S.KOM
Judul skripsi: Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler 

Skripsi Terbaik dari prodi DKV
1. Andri Setiawan, S.Ds 
Judul skripsi: Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah
2. Bagus Arya Suseno, S.Ds 
Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung
3. Luthfi Alfaritzi, S.Ds - Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung

Melihat judul-judul skripsi di atas, saya menjadi tambah kagum dengan adik-adik STT Bandung ini. Betapa mereka telah disiapkan untuk menyongsong era industri 4.0

Selain itu ada juga kategori wisudawan terbaik, di antaranya adalah sebagai berikut: 
Wisudawan terbaik dari prodi TI: Dheyu Laksmi Wulandari, S.T
Wisudawan terbaik dari prodi TIF: Muhammad Rizal Mutaqin, S.Kom
Wisudawan Terbaik dari prodi DKV: Tiffani Zeta D, S.Ds

Dalam acara wisuda ini juga dilakukan penandatangan Mou dengan mitra STT Bandung, yaitu:
-  PT. Dirgantara Indonesia
-  Jasa Marga
-  Biofarma

Paduan suara STT Bandung
Sumber: Pasukan Blogger JA

Ada persembahan puisi untuk para orang tua, alunan lagu-lagu nasional dan pengucapan janji wisudawan. Acara berakhir dengan doa dan sidang senat terbuka pun, ditutup kembali oleh ketua STTB. Selamat kepada STT Bandung atas perhelatan yang megah ini. Selamat memasuki dunia baru adik-adikku. Semoga Indonesia menjadi lebih baik di tanganmu nanti. Aamiin.

WisudaXIVSTTBandung
#CampusofInnovation
#CampusofTechnology
#CampusofDesign
#CampusofCreativity
#CampusofFutureLeader

11 komentar:

  1. Mbak kita beti, aku wisuda 21 tahun lalu hihihi
    Dan memang bangga dan lega sekali pasti sudah menyelesaikan pendidikan tinggi.
    Selamat buat wisudawan dan STT Bandung.
    Semoga semua ilmu berkah, nantinya amanah dan bisa bermanfaat bagi sesama

    BalasHapus
  2. Aku 9 tahun yll, rindu lagi jadi pengen wisuda. Semakin tahun semakin keren aja ya STTB, apalagi kemarin keynote speakernya spesial sekali. Sukses untuk STTB, dosen, dan para alumnusnya.

    BalasHapus
  3. saya 25 th yg lalu, wisuda yg membuat ibu ku menangis bahagia. Selamat ya anak2ku, semoga sukses kedepannya

    BalasHapus
  4. saya 25 th yg lalu, wisuda yg membuat ibu ku menangis bahagia. Selamat ya anak2ku, semoga sukses kedepannya

    BalasHapus
  5. Jadi teringat dulu saat wisuda Mbak Eni. Mengharu biru ya rasanya. Sukses buat para wisuda/wisudawan STTB. Semoga mampu bersaing di dunia kerja dan menciptakan lapangan kerja.

    BalasHapus
  6. Terharu ya Mbak, menyaksikan gelaran wisudanya STTB ini. Mau nggak mau memang bakal langsung kelempar ke masa lalu. Bahagia dan terharu rasanya.

    Semogaaa, teman-teman wisudawan dan wisudawati berhasil dalam menjalankan amanah sebagai putra bangsa. Memperoleh pekerjaan yang hebat atau menjadi wirausaha yang akan membuka lapangan kerja yang lebih luas lagi.

    BalasHapus
  7. Yuni wisuda tahun 2012. Emak-bapakku yang kerja di Malaysia yuni paksa mudik biar bisa merasakan harunya prosesi itu.

    Selamat ya buat para wisudawan. Semoga ilmunya berkah. Aamiin

    BalasHapus
  8. Wisudaa? Aih teringat betapa harunya momen itu. Istimewa sekalii. Paling terharu lihat betapa bangganya orang tua, jauh jauh datang dengan pandangan bahagia untuk menghadiri wisuda anaknya.
    Apalagi wisuda di Sttb ini makin istimewa dengan key note speaker sehebat bapak Ilham Habibi. Selamaat untuk para wisudawan wisudawati 😊

    BalasHapus
  9. Orasi pas banget ya. Selamat kepada wisudawan semoga sukses meniti karir dan bermanfaat bagi masyarakat

    BalasHapus
  10. Keren banget orasi ilmiahnya ya mbak, pas banget buat wisudawan.
    Selamat yah semoga ilmunya berkah

    BalasHapus
  11. Satu kata, keren. Sukses untuk para wisudawan semoga ilmunya bermanfaat dunia akhirat, terutama untuk bangsa dan negara.

    BalasHapus

Review: Lister.co.id Sebagai Solusi Meningkatkan Skor IELTS Anda

Sewaktu masih kuliah dulu, saya bercita-cita ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, atau sekalian bekerja dan tinggal di luar negeri. Mung...