Sabtu, 18 Mei 2019

Yuk, Belajar Menahan Diri Saat Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, yang seharusnya dimanfaatkan dengan beribadah. Mendekatkan diri pada Allah, menjalankan perintahNya serta menjauhi laranganNya. Akan tetapi, yang namanya manusia selalu diliputi oleh hawa napsu dan keinginan duniawi.
Mari kita belajar untuk menahan diri dari hal-hal berikut ini, yaitu:
1. Makan Berlebih
Setelah seharian menahan lapar dan haus, sering kali kita merasa harus "membalas" dengan makan dan minum sepuasnya saat berbuka puasa. Semua makanan dimakan, minuman dihabiskan, sampai ketika mau berdiri baru sadar kalo makannya udah over. Boro-boro mau salat, bangkit dari tempat duduk aja, susah.

Nah, sekarang cobalah menahan diri dari godaan makanan dan minuman tersebut. Berbukalah dengan segelas air putih, dan 3 biji kurma. Jika tidak suka kurma bisa diganti dengan buah yang lain. Seandainya pun pengen makan gorengan, cukup 1-2 aja. Kemudian laksanakan salat magrib terlebih dahulu, baru kemudian melanjutkan makan malam.

2. Belanja
Setiap hari email penawaran untuk belanja online banyak masuk diinbox email. Belum lagi mall dan supermarket lainnya. Semua berlomba-lomba memberikan diskon dan promo untuk memikat pembeli. Ini yang membuat kita sering kalap, lalu main ambil saja. Setelah di rumah, baru nyadar bahwa barang tersebut tidak betul-betul diperlukan. Sayang banget, kan. Lebih baik jika belanja tersebut adalah barang-barang yang bermanfaat bagi orang lain. Misalnya barang keperluan anak yatim, atau sembako untuk fakir miskin. Orang yang dikasih akan merasa senang, kita yang ngasih juga akan turut merasakan kebahagian mereka.

3. Ngegosip
Kegiatan unfaedah yang satu ini sangat identik dengan perempuan. Mulai dari Ibu-ibu, calon ibu, bahkan remaja perempuan. Di perpustakaan aja, Bun sering banget mendengar anak-anak remaja ini ngegosip. Ngomongin si A begini, si B begini, dan si C begini. Mungkin mereka sering melihat seniornya alias orang tua juga sering melakukan hal yang sama. Padahal ngegosip atau bergunjing ini jelas dilarang dalam Al-qur'an.

Seperti yang disebutkan dalam surah Al-Humazah Ayat 1

 وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ

wailul likulli humazatil lumazah
Yang artinya: Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela (http://muslimapp.id/)

Bahkan Allah menjanjikan hukuman yang berat bagi para pengumpat tersebut, seperti yang dituangkandalamsurah AL-HUMAZAh Ayat 4

كَلَّا ۖ لَيُنۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِ

kallaa layumbażanna fil-ḥuthamah

Yang artinya: Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan ke dalam (Neraka) Hutamah (http://muslimapp.id/)

Oleh karena itu, hindarilah perbuatan-perbuatan yang merugikan tersebut. Yang hanya terdapat mudhorat-nya saja. Masih banyak hal-hal lain yanglebih bermanfaat yang bisa dilakukan. Kembali pada diri kita masing-masing. Bisakah menahan diri di bulan Ramadan ini? Menahan diri dari perbuatan yang unfaedah? Mari kita berbenah diri, belajar menahan diri saat Ramadan ini, agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bukankah hari esok harus lebih baik dari hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pulihkan Mata Keringmu dengan INSTO DRY EYES

"Mata adalah Jendela Dunia"   Pernyataan ini sering sekali kita dengar. Seseorang yang sedang jatuh cinta, akan kelihatan b...