Minggu, 26 Mei 2019

Tips Memilih Virtual Office yang Oke Untuk Bisnismu

Sembilan belas tahun yang lalu, saat menyelesaikan kuliàh, saya bermimpi menjadi seorang wanita karier. Menggunakan setelan blazer, high heels dan menenteng tas kerja. Namun ternyata jurusan yang saya ambil mrngharuskan bekerja di lapangan. Ya iyalah, lulusan Teknik Sipil sangat jarang duduk manis di ruangan ber-AC. Ini artinya, saya SALAH JURUSAN, guys hehehe...

Sumber: Pexels.com


Kejadian ini semakin parah ketika menikah dan mempunyai anak. Suami menginginkan agar saya stay at home aja, ngurus anak sebagai prioritas utama. Gagal sudah impian menjadi wanita karier hikss. Di benak saya waktu itu, bekerja adalah datang ke kantor nine to five, selama lima hari seminggu. 

Sangat berbeda dengan keadaan sekarang ini. Dengan adanya akses internet yang mudah, membuat jarak menjadi lebih dekat. Sesuatu yang tidak mungkin, bisa menjadi mungkin. Salah satunya adalah fasilitas virtual office yang nge-trend beberapa tahun terakhir ini. Virtual office atau kantor virtual ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin  "mengendalikan" kantor Anda sendiri. Asyiknya lagi, Anda bisa mencari ruang kantor ini di kota terdekat domisili Anda. Misalnya, Anda bisa sewa ruang kantor di Jakarta bagi yang tinggal di daerah Jabodetabek.

Anda bebas menentukan kapan mau ngantor, nggak harus nine to five selama lima hari dalam seminggu. Akan tetapi, walaupun terkesan semau gue, virtual office juga memiliki fasilitas seperti office pada umumnya. Wahh, enak banget yaa? Tapi kok, jadi bingung. Memangnya ada kantor yang seperti itu? Yuk, kita cari tau lebih jelas tentang virtual office ini. 

Apa sih virtual office? 
Menurut wikipedia, virtual office adalah kantor di dunia maya yang menggunakan internet sebagai "base camp" tanpa mempunyai lokasi usaha atau kantor secara fisik. Virtual office ini banyak digunakan oleh para profesional, pengusaha jasa, para pebisnis retail, dan para start up lainnya. 

Terdaftar secara resmi
Poin pertama yang harus diperhatikan saat memilih virtual office adalah pastikan jika penyedia jasa virtual office telah terdaftar secara resmi. Ini sangat membantu legalitas ketika mendirikan C.V atau P.T sebagai badan usaha bisnis yang Anda bangun. Virtual office yang terdaftar secara resmi juga sangat membantu untuk legalitas pembuatan SIUP dan TDP. Bahkan Ditjen Pajak sudah mengeluarkan aturan bahwa virtual office juga bisa digunakan untuk pengukuhan KPP. Oleh karena itu, pilihlah virtual office yang berada di daerah perkantoran, karena biasanya mereka sudah terdaftar secara resmi. 

Layanan yang disediakan
Penyedia jasa virtual office memberikan layanan secara menyeluruh terhadap bisnis atau pekerjaan Anda. Mulai dari layanan surat-menyurat, resepsionis, asisten, koneksi internet, fax, hingga fasilitas ruang meeting atau ruang pertemuan dengan klien. Bahkan virtual office ini mempunyai pantry dan ruang tunggu layaknya office betulan. So, tidak hanya meng-cover kebutuhan bisnis Anda secara online, virtual office juga menyediakan layanan offline layaknya sebuah kantor. 

Meeting room by pexels.com


Harga yang bersaing
Bagi para pebisnis start up atau Anda yang baru memulai karier freelance, masalah yang sering dihadapi adalah sewa virtual office. Dengan segitu banyak fasilitas,apakah harga terjangkau di kantong? Jangan khawatir, guys. Penyedia jasa virtual office biasanya menyediakan layanan terbagi ke dalam beberapa paket. Mulai dari paket basic, menengah, hingga paket premium. Harga sewanya pun cukup terjangkau. Mulai dari Tahunan, bulanan, dan harian. Sudah menentukan, mau sewa virtual office yang mana? 

So, jika bisnis Anda baru saja dimulai, bisa menyewa virtual office secara bulanan. Atau untuk teman-teman freelance seperti saya, yang hanya sesekali membutuhkan kantor, bisa menyewa secara harian. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagaiamana, tertarik untuk mencoba virtual office? 

9 komentar:

  1. Dulu aku pernah tuh menjalin kerjasama dengan virtual office. Kalau ada klien-klien perusahaanku yang baru merintis bisnis, diarahkan untuk menyewa office di tempat mereka. Jadi kami dapat dua pendapatan. Pertama dari fee konsultasi klien sendiri, kedua fee karena merekomendasikan klien ke virtual office tersebut, huhehehe ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerenn, pendapatannya jadi dobel, yak ��

      Hapus
  2. Wah, saya kok baru tahu ini ada virtual office ya, apa saja mbak kelebihan dan kelemahannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kelebihannya bisa menekan biaya operasional kantor pada umumnya, Mbak. Nah, kalo kekurangannya sepertinya interaksi antar pegawai, jaringan yang error, dan masalah teknis lainnya.

      Hapus
  3. Saya baru ngeh kalau yang dimaksud virtual office tuh sebagaimana yang dipaparkan di atas. Boleh dicoba nih buat yang punya bisnis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoo, biar bisnisnya keliatan profesional.

      Hapus
  4. Wow, sekarang ini sangat memudahkan untuk berbisnis, seperti virtual office ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Mbak. Membantu banget untuk pebisnis baru dan para profesional juga. Punya kantor resmi dengan budget minimal.

      Hapus
  5. Wah baru tahu ni ada office virtual kirain cuma ada account virtual saja. Apa office virtual semacam kantor tp disewakan plus perabotannya dll?

    BalasHapus

Bosan Menginap di Hotel, Saatnya Mencoba Apartemen

Sebentar lagi musim liburan, nih. Udah punya rencana mau liburan ke mana tahun ini? Menentukan tempat liburan tidak hanya destinasi wisata...