Sabtu, 18 Mei 2019

Siomay Ayam Saos Skippy

Lima tahun terakhir ini kami menjalankan puasa Ramadan tidak ubahnya seperti hari biasa. Dalam artian untuk urusan menu tidak ada yang berlebihan. Karena porsi makan yang menjadi lebih sedikit dibanding hari biasa, plus waktu makan yang menjadi lebih pendek. Daddy juga mewanti-wanti agar jangan sampai ada makanan berlebih dan terbuang percuma. 

Bun juga masak seperti biasa. Masak nasi, sayur sop yang ada daging ayamnya, sambal, dan tempe atau tahu goreng. Kalaupun ada makanan khas bulan Ramadan seperti kolak pisang atau bubur, belinya hanya seporsi untuk dimakan berempat hihi..Entahlah, ini hemat atau pelit, ya. Yang pasti seporsi itu cukup untuk kami. Selanjutnya Daddy, Dani, dan Dika lebih memilih makan nasi seperti biasa. 

Tampilan siomay saos Skippy setelah jadi

Nah, sore ini Dani dan Dika lagi pengen makan siomay. Ini merupakan cemilan favorite mereka. Maklum, sejak Bun bakulan dimsum, hampir setiap hari mereka makan dimsum. Kalo lagi bosan pakai saos sambal, mereka minta dibikinin saos kacang, biar kayak siomay. 

Bahan-bahannya:
250 gr ayam giling
3 bawang putih
1 sdt lada
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1 sdm minyak wijen
1 tangkai daun bawang
2 sdm air es
1 telur
50 gr sagu
10 gr terigu
Wortel diparut untuk taburan
Kulit pangsit
Tahu
Kol (kebetulan di kulkas ada sawi, jadi saya pakai sawi)



Saosnya:
1 bawang putih dihaluskan
2 cabe merah keriting dihaluskan
1 sdm air jeruk nipis
2 sdm SKIPPY
50 ml air hangat

Cara membuat:
1. Campur ayam giling dan semua bahan dimsum, aduk rata dan diamkan dalam lemari es selama 15 menit.


2. Ambil selembar kulit pangsit, basahi dengan air, beri 1 sdm adonan, bentuk menyerupai mangkok dengan tangan.

Tampilan dimsum siomay bakulan Bun

3. Ambil sepotong tahu, kerat bagian sampingnya, lalu isi dengan 1 sdm adonan. Biarkan adonan menempel pada bagian luar tahu.
4. Ambil selembar daun sawi, beri 1sdm adonan lalu gulung sesuai selera.
5. Kukus semuanya selama kurang lebih 15 menit. 
6. Campur bahan saos, tambahkan air hangat dan aduk rata.


7. Siapkan siomay di piring, siram dengan saos. Tambahkan kecap manis dan saos sambal di atasnya.
8. Siap disajikan sebagai menu buka puasa untuk Dani dan Dika. 

 Mengapa memilih SKIPPY?
1. Rasa kacang dominan
Dibuat dari kacang pilihan sehingga rasa kacangnya sangat dominan. Sehingga cocok dijadikan alternatif saos untuk siomay, bahkan pecel.

2. Tekstur halus
Cocok untuk Dani yang ada sedikit gangguan di alat pencernaannya. Dani cenderung susah menelan makanan yang masih agak kasar. 

3. Mudah didapat.
Di minimarket sejuta umat,  Skippy tersedia.

Apalagi bulan puasa seperti ini. Jangan lupa stok Skippy di rumah ya, Maks.

9 komentar:

  1. Harus dicoba ya ini asyiiik kesukaan akuuh banget. Ijin resepnya yaa

    BalasHapus
  2. Wuaaaah ... enaknyaaaa. Kapan-kapan aku mau nyoba, ah. Kebetulan emang suka banget sama siomay

    BalasHapus
  3. Wah... ide bagus nih, sambal kacang pakai skippy.. udah pasti enak ya? Nggak khawatir kacang nya gosong atau belum matang. Makasih resepnya... mau coba ah

    BalasHapus
  4. Wah aku nggak kepikiran pakek skippy loh Bun buat saus kacangnya. Keren nih idenya, kreatif!

    BalasHapus
  5. Eh aku kok ya kayak Mbak Bety, gak kepikiran pakek Skippy. Lha daripada susah-susah ngulek kacang yak, mending pakek Skippy aja yg alus dan gurih. Good idea, Mbak.

    BalasHapus
  6. Waah...aku suka banget nih masakan yg diberi minyak wijen. Walaupun cuma dikit, tapi beda banget hasil akhirnya. Wanginya beda. Nah, saosnya gampil banget, pakai Skippy udah pasti enak deh...

    BalasHapus
  7. Sebagai penyuka golongan cilok-cireng-siomay, saya auto ngiler liat ini, hehe. Apalagi pake saus skip py ya. Hmm, yummy. Perlu saya cobain bikin sendiri kayaknya. Simpel, sih. Thanks, Bun :)

    BalasHapus
  8. Sepertinya nikmat bun...belum pernah buat dimsum padahal temen2 sering post ini makanan. Belum pernah coba juga. Sesekali ingin buat ah...makasih ya bun resepnya

    BalasHapus
  9. Wow, siomay nya sepertinya terlihat enak, apalagi ditambah Skippy, tx ya mbak resepnya

    BalasHapus

Bosan Menginap di Hotel, Saatnya Mencoba Apartemen

Sebentar lagi musim liburan, nih. Udah punya rencana mau liburan ke mana tahun ini? Menentukan tempat liburan tidak hanya destinasi wisata...