Senin, 20 Mei 2019

5 Aktivitas Ngabuburit Asyik yang Bisa dijadikan Pilihan

Setelah menahan lapar dan dahaga sejak Imsyak, maka waktu yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam yang berpuasa adalah waktu berbuka puasa. Menjelang waktu berbuka puasa, jalanan mendadak menjadi sangat ramai. Ada yang berjalan-jalan keliling kota, berburu kuliner untuk berbuka, olahraga ringan di taman kota, ataubahkan bercengkaram dengan temanatau keluarga. 

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa ini. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa dijadikan kegiatan ngabuburit asyik di Ramadan tahun ini, yaitu:

1.  Tadarus
Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah bersama keluarga, atau di masjid bersama teman-teman pengajian. Masjid biasanya memiliki kelompok pengajian ibu-ibu, kelompok pengajian bapak-bapak, kelompok pengajian remaja, dan kelompok pengajian anak-anak. Melakukan tadarus bersama dengan kelompok pengajian ini sangat disarankan, karena kita akan lebih bersemangat jika tadarus bersama kelompok. Sehingga kegiatan tadurus bisa dijadikan sebagai kegiatan ngabuburit asyik. 

2.  Mendongeng
Masjid yang mempunyai TPA sering sekali mengadakan kegiatan mendongeng di bulan Ramadan. Dengan mengusung cerita tentang sejarah nabi dan rosul, anak-anak dikenalkan dengan sejarah Islam. Melalui dongeng diharapkan anak-anak bisa belajar tentang Islam dengan menyenangkan, sehingga kegiatan ini bisa menjadi ngabuburit asyik bagi mereka. 

3.  Memasak
Ini merupakan kegiatan ngabuburit yang sering dilakukan ibu-ibu di rumah. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, ada saja kegiatan yang mereka lakukan di dapur. Apalagi untuk ibu yang hobi memasak. Sekadar menyicil kerjaan untuk sahur atau bahkan untuk besoknya lagi. Memeriksa stok camilan anak-anak, kudapan kesukaan suami, atau bahkan memeriksa stok bawang goreng. Jika Anda suka memasak, maka ini akan menjadi kegiatan ngabubrit asyik tentunya. 

Stok cemilan anak-anak


4. Merajut
Kegiatan yang terkenal di kalangan lansia ini, sebenarnya sangat menyenangkan. Bermain dengan benang, dan menjalinnya hingga membentuk suatu objek tentu bukan perkara mudah. Selain berfungsi untuk melatih konsentrasi, merajut juga dapat melatih motorik, dan membuat efek tenang. Apalagi jika hasil rajutan bisa dijual dengan harga lumayan tinggi. Walaupun tidak berniat menjualnya, Anda bisa memberikan rajutan sebagai kado atau bingkisan pada teman dan saudara. 

Peci rajut

5. Wisata Religi
Bulan Ramadan sering dijadikan moment untuk berwisata religi. Ada yang melakukannya berkelompok, ada juga yang melakukan sendiri. Mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti masjid, dan berziarah ke makam para kiyai.  

Masih banyak aktivitas ngabuburit asyik lainnya yang bisa dilakukan. Tergantung dengan hobi dan waktu luang Anda. Apakah pilihan ngaburut asyik Anda ada di atas? Atau Anda mempunyai aktivitas ngabuburit asyik lainnya. 

#12DaysBlogChallengeIndscript

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk, Ikut Serta Menjaga Cagar Budaya Indonesia Agar Tidak Musnah

Sekitar pertengahan 2018 yang lalu, saya dapàt tawaran menulis buku yang berjudul "Aku dan Cagar Budaya" bersama dengan 29 penul...