Minggu, 02 September 2018

Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika SELISIK 2018#MakingIndonesia4.0

Semangat pagi..

Sabtu kemarin, 1 September 2018, kami dari Pasukan Blogger Joeragan artikel berkesempatan untuk meliput SELISIK,  agenda tahunannya para praktisi di bidang informatika. Tahun ini, STT Bandung bertindak sebagai tuan rumah Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika SELISIK 2018. Seminar yang  bertempat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung ini dihadiri oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia ini, mengambil tema "Menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk Menghadapi Industri 4.0" dengan dua narasumber utama.




SELISIK adalah sarana bagi para praktisi dan akedimisi untuk berbagi ide dan pengalaman di bidang ilmu informatika. Acara di mulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua peserta. Selanjutnya ada penampilan dari unit kegiatan mahasiswa STT Bandung yang menyuguhkan tarian Rampak Gendang dan permainan musik angkung. Penampilan ini sukses membuat suasana seminar menjadi santai.

Ibu Harya Gustevi, S.Com., M.Com selaku ketua panitia penyelenggara memberikan kata sambutanny, yang disambung dengan sambutan dari ketua STT Bandung, ketua APTIKOM Jawa Barat, dan sambutan dari kepala LLDIKTI wilayah IV yang sekaligus membuka jalannya seminar. 

Keynote Speaker yang pertama adalah Ir. Priyantono Rudito, M.Bus., Ph.D. Beliau merupakan Tenaga Ahli Kementerian Pariwisata Bidang Manajemen Strategis. Beliau menyampaikam materi tentang menyiapkan SDM untuk menghadapi industri 4.0 dengan mengembangkan Digital Mastery. Bagaimana era digital ini akan memasuki semua sektor di Indonesia.




Keynote Speaker yang kedua adalah Prof. Dr. Suyanto, MM, adalah Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta. Materi yang dibawakannya adalah Human Capital Development in Industrial 4.0 berdasarkan pengalaman Universitas AMIKOM. Beliau membagi Human Capital menjadi empat yaitu professional, entrepreneur, scientist, dan artist.


Para pemenang kompetisi

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan bagi para pemenang SELISIK IT & Animation Competion 2018 untuk kategori Animasi, Mobile App, dan Games. Kompetisi yang dimulai pada tanggal 2-28 Juli 2018 ini dimenangkan oleh:
Kategori Animasi
Juara 1: Industrial Revolution Waves (Universitas Pendidikan Indonesia)
Juara 2: Siap Bersaing di Industri 4.0 (STMIK Bina Insani)
Juara 3: Industrial Animation 4.0 (Sekolah Tinggi Ilmu Komputer PGRI Bnyuwangi)

Kategori Mobile App
Juara 1: MASSA_IN (STMIK AMIKOM Purwokerto)
Juara 2: A BANK ( Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Juara 3: Gass Repair Solo (STMIK Cipta Darma Surakarta)

Kategori Games
Juara 1: Bocah Playon (STMIK AMIKOM Purwokerto)
Juara 2: Trash Picking (STT Bandung)
Juara 3: The Great Damdaman (Universitas Pasundan)


Foto bersama Pasukan Blogger Joeragan artikel


Prestasi anak-anak ini menyadarkan kita bahwa Indonesia memiliki SDM yang mumpuni untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang sudah di depan mata. Mau tidak mau, siap tidak siap kita harus menghadapi revolusi industri 4.0 yang diperkirakan akan terjadi lebih cepat. Pada seminar ini juga diadakan penandatanganan MoU IndoCEISS dan NERIS dengan Perguruan Tinggi yang tergabung di IndoCEISS dan NERIS sebagai wujud kerjasama. Acara ini berakhir setelah sesi diskusi dan tanya-jawab  cukup memuaskan dahaga para peserta terhadap materi yang dibawakan. Semoga makin banyak SDM yang dimiliki Indonesia untuk menyonsong revolusi industri 4.0

Sampai jumpa di SELISIK tahun depan.

#MakingIndonesia4.0
#Selisik2018
#STTBandung


7 komentar:

  1. Acaranya seru ya mba, menambah wawasan tentang era digital.

    BalasHapus
  2. Beruntuuung banget jadi bagian yang bisa menyimak acara ini. Selama ini buta banget dengan perkembangan teknologi. Tapi kalau begini ceritanya, harus gerak cepat. Belajar. Nyemplung di komunitas dan menularkannya pada anak-anak.

    BalasHapus
  3. Aku suka banget dengan kemajuan teknologi sekarang ini. Karena terasa manfaatnya, apapun yg mau dilakukan jadi mudah. Cm ada kekhawatiran juga, kalau manusia jadi ketergantungan dg teknologi. Jangan2 jadi malas lagi.

    BalasHapus
  4. udah senang bisa di ajak ngeliput seminar selisik wapaupun secara online. baru tahu saya tentang revolusi industry 4.0

    BalasHapus
  5. wah senangnya liputan bareng di acara yg sarat informasi. makasih ya mba, sudah berbagi.

    BalasHapus
  6. Informasi penting yang harus disebarluaskan.. Semoga mencetak generasi indonesia yang unggul dan kreatif 😉

    BalasHapus
  7. Beruntung sekali ya blogger yg bisa datang langsung ke acara. Acara ini bagus sekali dan sangat bermanfaat

    BalasHapus

Yuk, Ikut Serta Menjaga Cagar Budaya Indonesia Agar Tidak Musnah

Sekitar pertengahan 2018 yang lalu, saya dapàt tawaran menulis buku yang berjudul "Aku dan Cagar Budaya" bersama dengan 29 penul...