Postingan

Menampilkan postingan dari 2017

Belajar Nulis Status Cantik Bersama Joeragan Artikel

Gambar
Emak-emak zaman now hampir semuanya menggunakan sosial media, khususnya facebook. Mulai dari yang ikut-ikutan biar kekinian, hingga yang memanfaatkan facebook sebagai lahan bisnis.

Nah, untuk alasan yang terakhir ini, Emak membutuhkan ilmu nulis status yang keren. Mengapa? Oleh karena nggak semua warga facebook nyaman dengan status jualan para Emak, yang jualan online.

Untuk itu Joeragan Artikel di bawah pimpinan Ummi Aleeya, mengadakan kelasStatus Cantik setiap bulannya. Materi kelas Status Cantik cocok bagi Emak yang mau mem-branding diri sebagai penulis atau pebisnis.

Oh ya, yang membuat kelas ini makin keren adalah materi tambahan serta pendampingannya. Jadi, selain materi tentang cara menulis status yang enak di baca, ada juga materi cara memotret, serta program saling endors sesama peserta.

Seru nggak, tuh? Alumninya malahan bisa gabung sebagai Pasukan Endors, lho. Pasukan Endors ini adalah salah satu jasa yang ditawarkan oleh Joeragan Artikel kepada para pebisnis UKM. Pasukan

Indari Mastuti, Mendidik Generasi Melalui Sekolah Gratis Indonesia

Kemajuan teknologi sekarang, entah bagaimana membuat adanya pergeseran gaya hidup pada masyarakat. Anak-anak yang tadinya diasuh secara penuh oleh orang tua, sekarang mulai dititip ke asisten rumah tangga. Tak jarang anak-anak ini malah menjadi lebih akrab dengan asisten rumah tangga, dibanding orang tuanya sendiri. Inilah yang membuat karakter anak-anak sekarang tidak sesantun dan semanis zaman dahulu.

Anak-anak mulai mengenal sinetron, suka membully teman yang dianggap lemah. Keprihatinan inilah yang membuat Indari Mastuti terketuk pintu hatinya. Terinspirasi dari putri sulungnya Nanit, beliau pun mengumpulkan anak-anak di sekitar rumahnya. Setiap hari anak-anak ini "bermain" di rumah Indari. Mulai dari menggambar, mewarnai, membaca bahkan hingga memotong kuku bersama.

Gerakan ini diawali di Bandung daerah Moh. Toha dan menyebar ke seluruh Indonesia. Kok bisa? Oleh karena Indari Mastuti menyuarakan gagasannya di sosial media.

Di antara ribuan friend list-nya ini, banyak y…

Saat Dani dan Dika mengikuti Detik-detik Proklamasi di Kepulauan Sula, Maluku Utara

Gambar
Selamat pagi Indonesia..

17 Agustus 2017
Hal pertama yang dilakukan saat bangun tidur itu adalah buka tab dan hp hehe. Biasanya cuma buat ngecek pesan penting aja, sih. Ternyata bener, ada undangan dari sekretaris pribadi bupati untuk menghadiri Detik-detik Proklamasi RI ke-72 di Istana Daerah Kepulauan Sula.
Whatt? Istana Daerah? Apaan tuh? Istana Daerah atau sering disebut ISDA adalah rumah dinas bagi Bupati Kepulauan Sula, Maluku Utara. Merupakan miniatur dari Istana Negara yang di Jakarta. Menurut Daddy, Kepulauan Sula adalah satu-satunya Kabupaten yang memiliki miniatur Istana Negara. Sayangnya, Bun nggak dapat info tentang luas keseluruhan ISDA ini.

Tampak samping ISDA

Awalnya, pagi ini  kami berencana mau pergi ke Fatkayon di bagian ujung paling Selatan Kepulauan Sula. Menemanin Daddy dan Om Tony survey ke daerah Pantai Pasir Putih serta survey ke beberapa titik banjir. Tetapi karena undangan ini, maka kami pun siap-siap untuk mengikuti Detik-detik Proklamasi ke-72. 
Dani dan …

Ketika Ibu Ngantor di Rumah

Gambar
Sewaktu masih kuliah dulu, cita-cita saya adalah menjadi seorang wanita karier yang mandiri secara financial. Dengan blazer kerja yang modis, sepatu boots yang keren serta menenteng tas bermerk. Hehe..Alhamdulilah, cita-cita saya tersebut meleset. Yup, karena saya lulusan Teknik Sipil, makanya kerjaannya lebih banyak di lapangan. Bukan ruang kerja ber-AC seperti yang saya impikan.

Perjalanan hidup akhirnya menjadikan saya sebagai seorang istri dengan dua putra. Sebenarnya suami tidak melarang saya untuk bekerja, namun ritme bekerja di Jakarta enggak sanggup saya ikuti. Akhirnya saya memilih untuk menjadi ibu rumah tangga saja, sambil mencari peluang yang bisa dikerjakan dari rumah. Hingga pada tahun 2006, suami membuatkan akun facebook buat saya.

Pelan-pelan, saya belajar berselancar di dunia maya, mencari peluang yang kira-kira bisa dikerjakan dari rumah. Akhirnya saya bertemu dengan grup nulis khusus ibu-ibu. Setelah melewati berbagai training nulis, audisi dan lomba-lomba, akhirny…

Jangan Mudah Berutang

Adakah Emak yang belum pernah berutang seumur hidupnya? Wah, hebat sekali jika Emak belum pernah berutang. Pertahankan ya, Maks! Mengapa Bun bilang begitu? Oleh karena berutang itu seperti sebuah lingkaran setan, Mak. Jika seseorang udah merasakan "nikmatnya" berutang, biasanya suka ketagihan untuk berutang lagi. Entah itu utang konsumsi atau utang produktif. Selalu ada pembenaran untuk melakukannya.

Apalagi jika Emak memiliki teman atau saudara yang bisa dijadikan tempat berutang. Ada banyak modus yang dilakukan saat mau berutang. Ada yang datang dengan wajah memelas, dan berjanji bahwa utangnya hanya sebentar saja. Bahkan ada yang sampai berlinang airmata, seakan-akan hidupnya tergantung sepenuhnya sama si pemberi utang. Sayangnya, ketika berhasil berutang, banyak Emak yang mangkir dari tanggungjawab untuk melunasi utangnya. Tidak hanya molor dari waktu yang dijanjikan, namun ada juga yang "menghilang". Tiba-tiba saja enggak bisa dihubungi. Nomor handphone-nya m…

6 Cara Mengubah Tulisan Menjadi Transferan

Gambar
Apakah kamu suka menulis? Ingin menjadikan nulis sebagai karier atau bisnis? Penasaran, gimana mengubah tulisan menjadi transferan? Bisakah berbisnis tulisan? Alias menjual tulisan. Tentu saja, bisaa. Seperti halnya bisnis yang lain, kamu hanya butuh produk untuk dijual. Lalu, mencari pasar yang tepat untuk produkmu. Nah, sebagai seorang penulis, PRODUKmu adalah TULISAN. Sekarang kamu tinggal mencari PASAR, dan siap mengubah tulisan menjadi transferan. Namun, prakteknya tidak segampang itu. Buktinya banyak penulis yang akhirnya gigit jari, lalu balik kanan! Berikut ini adalah cara mengubah tulisan menjadi transferan.

 1. Tentukan PRODUK yang mau dijual. Masih ingat kan, cerpen-cerpen yang merajai majalah remaja dulu. Para penulis yang mengirim cerpen-cerpen tersebut, mendapat bayaran ketika cerpennya dimuat. Itu adalah salah satu cara MENJUAL tulisan. Cerpen-cerpen itu adalah PRODUK yang mereka jual. Selain itu kamu juga bisa menjadi seorang Ghostwriter alias penulis bayangan. Misa…